Beberapa fakta unik


Mata Upadate -

Beberapa fakta unik

Malam sob enaknya ngapain nih?? kalo saya mendingan posting aja ahh ^_^. kali ini aku akan sedikit menginformasikan beberapa fakta unik yang ada di dunia ini hihi, sumber ini aku ambil dari buku "unik tapi fakta, aneh tapi nyata versi I" (karena mungkin ada versi-versi berikutnya, kalo lagi gak males nulis wkwkkw), berikut beberapa fakta uniknya:

1. Menara pisa salah desain

menara miring di pisa italia, menjadi demikian karena salah desain, Bonanno Da Pisa sang arsitek, melakukan kesalahan saat membangun menara itu di tahun 1174. kesalahannya adalah membangun pondasi hanya sedalam tiga meter. bisa dibandingkan dengan tinggi menara yang mencapai 56 meter.

Akibatnya, ditengah pelaksanaan proyek, tanah disekitar menara bergeser dan menara itu menjadi miring, sehingga proyek harus diberhentikan. proyek pembangunan dilanjutkan kembali pada tahun 1350, dengan tiga dari delapan tingkatnya dibangun vertikal untuk mengubah titik gravitasi menara yang telah melenceng hampir 5,1 meter dari desain semula.

Walaupun sudah dikoreksi, menara itu tetap bergerak miring hingga sekarang, dan selalu akan lebih miring beberapa milimeter pertahun.

2. fakta membaca

Tahun 1000, bisa membaca seakan menjadi orang suci, hanya 5% manusia di dunia ini yang bisa membaca pada saat itu, satu-satunya buku yang bisa banyak beredar hanyalah kitab suci.
tahun 2000. di negara maju nyaris seluruh warganya bisa membaca, ada 600 juta eksemplar majalah, koran, buletin, dan lain-lain setiap harinya terbit di muka bumi ini.

3. Manusia tercepat

Joe kittinger bisa dikatakan sebagai satu-satunya manusia tercepat di dunia yang bisa mencapai kecepatan 1 mach (1 kali kecepatan suara sekitar lebih dari 700 km/jam) tanpa dibantu kendaraan/alat pemercepat.
Joe kittinger seorang angkatan udara amerika yang terlibat dalam proyek rahasia ex celcsior III tahun 1960 diterbangkan balon khusus setinggi 31 Km, kemudia dia diterjunkan dengan hanya berbekal parasut dan dalam waktu 4 menit ia berhasil mencapai kecepatan 1 mach

4. budaya aneh

Pada beberapa kebudayaan di dunia, termasuk diantaranya pada beberapa suku indian, amerika tengah, dan kaum thrcia dari daerah bulgaria, kelahiran disambut dengan kesedihan sementara kematian disambut dengan kegembiraan.
Ketika seorang bayi baru lahir, maka keluarganya akan duduk mengelilingi sang bayi sambil meratapi kesusahan-kesusahan yang akan dialami sang bayi dimasa hidupnya mendatang. sebaliknya, saat menghadiri kematian, para tamu justru tertawa terbahak-bahak dan melawak di depan orang yang telah meninggal, karena mereka percaya bahwa orang yang telah meninggal sedang menuju ke negeri kebahagiaan. terkadang istri atau hewan kesayangan milik orang yang mati ikut dibunuh, sehingga merekapun dapat turut bersama mereka berbahagia di alam baka.

5. Perkalian unik

Nah kali ini ada fakta unik mengenai perkalian, pasti anda sudah tau semua dan sudah akrab dengan perkalian 2x2=4 dan sebagainya. tapi mungkin anda tidak pernah menyangka bahwa ada perkalian yang sangat unik yakni 111.111.111 x 111.111.111.= 12.345.678.987.654.321
baiklah teman ... itulah postingan saya tentang Beberapa fakta unik semoga teman sekalian terpuaskan dan jangan lupa untuk cari lagi untuk postingan yang serupa di sebelah kiri ^_^ tetap jaga Mata untuk selalu Update ^_^