Temuan Tak Terduga Limapuluh Ribu Lebih Warga Klaten Ber KTP Ganda


Mata Upadate -

Temuan Tak Terduga Limapuluh Ribu Lebih Warga Klaten Ber KTP Ganda

ilustrasi
KLATEN--Sekitar 59.000 warga Klaten memiliki kartu tanda penduduk (KTP) ganda. Kepala Bidang Informasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Klaten, Nurul Bariyah mengatakan hasil verifikasi data kependudukan menunjukkan bahwa jumlah warga wajib KTP di Kabupaten Klaten mencapai 1.082.346 jiwa.
Namun begitu, sekitar 59.000 jiwa di antaranya diketahui memiliki KTP ganda. Menurutnya, tingginya warga ber-KTP ganda dipengaruhi faktor kesengajaan dari warga sendiri. ”Dulu pembuatan KTP bisa dilayani di dua tempat yakni di masing-masing kecamatan dan Kantor Disdukcapil. Oleh sebab itu, warga bisa dengan mudah membuat KTP lebih dari satu buah. KTP baru itu biasanya digunakan untuk mempermudah proses transaksi tertentu di tempat baru,” ujar Nurul saat ditemui wartawan di sela-sela acara sosialisasi pembuatan electronic KTP atau (E-KTP) di Gedung Darma Wanita Klaten, Kamis (2/2).
Nurul menjelaskan, pada Juni 2011 lalu, proses pembuatan KTP baru bisa dilayani secara online. Langkah itu dimaksudkan untuk menanggulangi pembuatan KTP ganda. Akan tetapi, tidak semua kecamatan di Klaten bisa didukung oleh jaringan online dalam proses pembuatan KTP.
”Hanya ada 10 kecamatan yang menjadi pilot project (percontohan-red). 10 kecamatan itu sudah dipasangi perangkat online untuk melayani pembuatan KTP. Namun satu menara pemancar jaringan online di Kecamatan Pedan sempat rusak akibat diterjang puting beliung beberapa waktu lalu,” tukas Nurul.
Nurul menambahkan, hingga kini pihaknya masih menggencarkan sosialisasi program E-KTP. Pihaknya juga sudah melakukan bimbingan dan teknis (Bintek) kepada petugas lapangan. Namun  begitu, hingga kini sebagian peralatan yang dijanjikan pemerintah pusat belum turun. ”Peralatan yang sudah turun hanya jaringan komunikasi. Sementara alat untuk pengambilan sidik jari dan retina mata belum turun. Kami belum tahu kapan turunnya. Padahal, paling lambat pada April nanti pembuatan E-KTP baru bisa dimulai,” tandas Nurul.
(JIBI/SOLOPOS/Moh Khodiq Duhri) baiklah teman ... itulah postingan saya tentang Temuan Tak Terduga Limapuluh Ribu Lebih Warga Klaten Ber KTP Ganda semoga teman sekalian terpuaskan dan jangan lupa untuk cari lagi untuk postingan yang serupa di sebelah kiri ^_^ tetap jaga Mata untuk selalu Update ^_^